Salam Hamka Muda …

Kaprodi Matematika

Meyta Dwi Kurniasih, M.Pd.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selamat datang di website Program Studi S1 Pendidikan Matematika FKIP UHAMKA. Puji dan syukur atas kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan nikmat, yang jika kita hitung nikmat-nikmat tersebut maka tidak akan pernah dapat kita menghitungnya. Shawalat dan salam kepada suri tauladan kita Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, beserta keluarganya, sahabatnya dan pengikutnya, semoga kita termasuk barisan beliau hingga hari akhir nanti.

Program Studi S1 Pendidikan Matematika merupakan salah satu Program Studi favorit di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA Jakarta. S1 Pendidikan Matematika mulai berdiri sejak 1997. Kami memiliki visi menjadi program studi Pendidikan Matematika yang unggul dalam menghasilkan lulusan yang bertaqwa, mandiri, tangkas, kreatif dan mampu bersaing secara global. Lulusan program studi Pendidikan Matematika tidak saja dibekali ilmu pengetahuan dalam Pendidikan dan pengajaran matematika yang luas dan mendalam, tetapi juga dibekali pengetahuan dan keterampilan tentang teknologi informasi (IT) serta penguasaan bahasa Inggris yang memadai.

Kompetensi utama lulusan Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UHAMKA memiliki kesanggupan dalam melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai “Calon Guru Matematika” yang profesional serta berwawasan global yang bertaqwa, mandiri, tangkas dan kreatif. Berwawasan global dimaknai bahwa lulusan Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UHAMKA memiiki kesiapan baik secara keilmuan matematika, dalam pemanfaatan ICT, serta berbahasa inggris aktif untuk bersaing dengan lulusan Perguruan Tinggi lain baik dalam negeri maupun luar negeri.

Bidang keilmuan matematika, kompetensi utama lulusan Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UHAMKA didasari pada kebutuhan kompetensi lulusan yang mampu memahami konsep geometri, kalkulus, aljabar, statistika, teori bilangan, analisis, pengajaran, telaah dan pengembangan kurikulum, dan evaluasi, untuk selanjutnya diaplikasikan dan dikembangkan. Kompetensi berbahasa Inggris yang dimiliki oleh lulusan Program Studi Pendidikan Matematika UHAMKA mencakup kemampuan penguasaan dalam Structure, Grammar, Pronounciation, Conversation, Speaking, Vocabulary of Mathematics, Teaching Mathematics in English, Lesson Plan. Selain itu, kompetensi lulusan juga harus memiliki kemampuan Writing, Reading, dan Listening yang ditunjukkan dengan skor TOEFL 500 (kelas Bilingual) dan 450 (kelas reguler). Kompetensi pemanfaatan ICT Kompetensi lulusan mampu membuat program sederhana menggunakan bahasa pemograman (pascal), mampu menggunakan dan menerapkan 10 software dalam pembelajaran matematika bidang geometri, aljabar, kalkulus, dan statistika. Kompetensi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan didasarkan kompetensi lulusan yang mampu memahami pengetahuan tentang Al Islam kemuhamadiah dan mampu mngamalkanya dalam kehidupan sehari-hari sehinga menjadi insan yang bertaqwa.

Kompetensi-kompetensi tersebut terealisasi dengan didukung pengajar yang berasal dari lulusan universitas ternama baik dari dalam dan luar negeri yang bergelar S2 dan S3. Model pembelajaran diarahkan menjadi Student Centered Learning, dimana mahasiswa sebagai objek pembelajar dan dosen menjadi fasilitator belajar, sehingga diharapkan model pembelajaran dapat memberikan pengalaman belajar yang bermakna untuk mahasiswa.

Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih atas perhatian, kepercayaan dan Kerjasama untuk kemajuan Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UHAMKA.

Visi

Visi Program Studi Matematika tahun 2030 menjadi Program Studi Pendidikan Matematika unggul dalam menghasilkan lulusan yang bertaqwa, mandiri, tangkas, kreatif dan mampu bersaing secara global di bidang Pendidikan Matematika.

Misi

  1. Menyelenggarakan Proses Pendidikan Al Islam Dan Kemuhammadiyahan (AIK) Yang Berkualitas, Serta Pembinaan Dan Pengembangannya.

  2. Menyelenggarakan Proses Pendidikan Matematika Yang Berwawasan Global Dengan Kompetensi Kepribadian, Profesional, Pedagogik, Dan Sosial Yang Mandiri, Tangkas Dan Kreatif.

  3. Menyelenggarakan Penelitian Dan Pengembangan Serta Publikasi Di Bidang Pendidikan Matematika Yang Inovatif, Kreatif Dan Aplikatif.

  4. Menyelenggarakan Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian Pendidikan Matematika Yang Menginspirasi Dan Bermanfaat.

  5. Menyelenggarakan Kegiatan Kerjasama Dalam Bidang Pendidikan Matematika Di Dalam Dan Luar Negeri Untuk Mengembangkan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Khususnya Di Bidang Pendidikan Matematika.

  6. Menyelenggarakan Proses Pendidikan Yang Berkualitas, Mandiri, Inovatif Dan Kreatif Dengan Semangat Kewirausahaan​

Tujuan

  1. Mewujudkan kampus yang memiliki norma akademik yang mengintegrasikan Al- Islam dan Ke-Muhammadiyah-an dengan iptek.

  2. Menghasilkan lulusan yang cerdas intelektual, spiritual, sosial, dan

  3. Menghasilkan karya ilmiah dan karya pengabdian masyarakat yang bermutu tinggi dan berdampak luas.

  4. Mewujudkan sistem tata kelola perguruan tinggi yang transparan dan akuntabel.

PROFIL LULUSAN

  1. Pendidik;

  2. Peneliti pemula;

  3. Edupreuner Pendidikan Matematika;

  4. Penulis Pemula;